"Annisa Sindhunata Jaestri"

Minggu, 25 November 2012

Keindahan dan daya tarik budaya Jawa selalu melambaikan keterasingannya ketika budaya global merasuk dalam pola dan gaya hidup, dahulu budaya Jawa merupakan identitas bangsa, boleh dikatakan sebagai budaya yang mencerminkan bangsa ini. Semangat gotong royongnya, unggah ungguhnya, falsafahnya, dan setiap sudut yang mempunyai arti. Besar pengaruhnya, sekarang?
Saya geram dengan cara pengasingan budaya ini. Jawa dahulu adalah pusat, sekarang seakan-akan menjadi daerah pheri-pheri. 
Okey, saya bukan membahas tentang ini.

Judul di atas adalah sebuah nama yang saya persiapkan dan khusus diperuntukkan bakal calon anak perempuan saya kelak. Saya juga tidak akan berbicara mengenai apa arti dari nama di atas. 
We'll talk about interest. Sekilas tentang nama.

Saya teringat ketika belajar sejarah di Sekolah Dasar, ada satu nama yang sangat saya suka sampai sekarang.
Tribuana Tungga Dewi Jayawisnuwardhani. Beliau adalah Raja ketiga dalam masa pemerintahan kerajaan Majapahit (1328-1350) setelah Raden Wijaya dan Jayanegara. Dalam menjalankan masa pemerintahannya di Majapahit, beliau dibantu oleh suaminya yaitu Kertawardhana. Ketika pemerintahannyalah Gajah Mada yang sangat kita kenal itu diangkat menjadi Mahapatih. 

Bisa kita lihat pada daftar Geonologi Raja-raja Majapahit dibawah ini..
Semoga kalian bisa menelaahnya, jika kurang paham bisa di telisik di mbah google agar lebih mudah. 

Pernah terfikir untuk memakai nama itu untuk anak saya kelak, tapi saya bukan penjiplak, saya ingin sesuatu dari saya untuk saya dan keluarga.
Nama, gampang-gampang susah untuk membuatnya. Nama di atas, saya tidak membuat atau merencanakan dengan arti yang Wah, karena nama ini datang begitu saja, tanpa permisi, dan saya mempersilahkan dia datang untuk bersemayam dalam hati dan fikiran.
Nama, akan kita bawa hingga waktu yang tidak terhingga.
Nama, adalah salah satu bentuk representatif keluarga, pribadi, harapan, dan seterusnya bla..blaa...bla...

Karena saya cinta budaya Jawa, karena saya sayang dengan Jawa, karena saya tertarik dengan sejarah dan tidak ingin melupakannya, karena saya tertarik dengan Hindu-Jawa, saya suka kerajaan, karena saya ingin melestarikan mereka, karena saya Islam, dengan sangat berbangga hati saya persembahkan "Annisa Sindhunata Jaestri" kepada anak perempuan saya!! 

Nama untuk lelaki kecil belum datang. hehe

0 komentar:

Posting Komentar